Thursday, July 25, 2013

Let the store come to the people (2) - Flying store

Apakah anda pernah membayangkan bagaimana susahnya mengatur manajemen sebuah toko? Manajemen sebuah toko (mungkin ada baiknya saya sebut sebagai supermarket) sangat susah. Apalagi jika kita sudah mempunyai banyak produk dalam toko (supermarket) kita dan tidak ada pengunjung yang datang. Tujuan setiap supermarket adalah lebih kepada mendapatkan banyak penjualan daripada menerima banyak pengunjung.

Masyarakat Korea terkenal sebagai orang-orang yang sangat sibuk (tersibuk ke 2 se-dunia). Mereka akan memanfaatkan waktu-waktu mereka melakukan aktivitas dan kesibukan mereka daripada berbelanja di supermarket. Oleh karena itu, perlu ada upaya yang inovatif dari pemilik supermarket agar penjualan bisa meningkat.

E-Mart, sebagai peritel terbesar di Korea Selatan, memiliki misi untuk menggaet konsumen yang jauh dari E-Mart tapi tetap dapat berbelanja di E-Mart. Caranya?
E-Mart membuat "flying store" dimana balon diterbangkan dan didalamnya terdapat wifi yang menyebarkan signal untuk produk-produk yang terdapat di E-Mart. Signal gratis Wifi yang disebarkan oleh balon E-Mart menimbulkan rasa penasaran dari pengunjung dan membuat mereka mendownload aplikasi yang disebarkan melalui wifi tersebut. Aplikasi tersebut berisi kupon belanja yang dapat digunakan untuk belanja online. Segera setelah mereka mendapat kupon tersebut, mereka menjalankan aplikasi toko online E-Mart dan belanja.

Alhasil?


- Nilai penjualan toko offline meningkat sebesar 9.5%
- Nilai penjualan toko online meningkat sebesar 156 %
- Jumlah orang yang mendownload E-Mart App meningkat hingga 50.000 orang lebih

Kalau konsumen tidak dapat datang ke E-Mart, E-Mart akan terbang ke konsumen.

No comments:

Post a Comment