Wednesday, July 24, 2013

Let the store come to the people

Tesco dikenal dengan supermarket serba ada yang berasal dari UK. Keunikan konsumen di Korea Selatan membuat Tesco harus berubah nama dan berada dalam payung sebuah perusahaan Korea Selatan. Tesco mengubah nama menjadi Homeplus.

Homeplus, meski sudah mendapat dukungan dari Tesco, hanya bisa mendapat predikat sebagai supermarket terbesar ke-dua di Korea Selatan. Pihak manajemen ingin agar Homeplus bisa menaikkan penjualan namun Homeplus masih kalah dengan kompetitor utama dari Korea Selatan, yaitu e-Mart. Misi mereka adalah ingin menjadi nomer satu tanpa harus menambah lokasi toko.

Pihak manajemen segera melakukan survey dan penelitian untuk bisa menaikkan penjualan. Korea Selatan dikenal sebagai negara yang penduduknya sangat sibuk terbesar ke-dua seluruh dunia. Belanja di supermarket adalah hal yang mungkin hanya bisa dilakukan 1 kali seminggu, itu pun jikalau ada waktu. Setelah mendapatkan hasil survey, maka pihak manajemen mendapatkan sebuah ide: "Let the store come to the people".

Dibuatlah virtual store (toko virtual) untuk hal ini. Percobaan pertama dilakukan di stasiun kereta bawah tanah. Meskipun ini adalah toko virtual, namun display yang ditunjukkan hampir sama dengan toko aktual. Hanya satu perbedaannya, anda menggunakan smart phone untuk berbelanja. Scan QR code dengan smart phone anda, maka application anda akan langsung memasukkan produk tersebut dalam daftar belanja. Setelah anda menyelesaikan transaksi pembelian, barang yang anda beli akan datang segera setelah anda sampai di rumah. Anda dapat rileks lebih lama setelah bekerja dan juga pada akhir pekan.

Alhasil?

1. Konsumen tidak perlu repot datang ke toko untuk berbelanja
2. Konsumen dapat mengurangi waktu tunggu di kereta bawah tanah menjadi waktu belanja
3. Jumlah pengunjung online meningkat lebih dari 10.000 orang dalam waktu singkat
4. Nilai penjualan online meningkat 130% dalam waktu singkat

Saat ini, Homeplus menjadi pemain nomer 1 di supermarket online.

No comments:

Post a Comment