Dengan berinovasi, saat ini ada banyak perusahaan yang berusaha melakukan social marketing untuk meningkatkan kehidupan lebih baik dengan memberi label perusahaan mereka. Meskipun pemasaran ini dilakukan oleh sebuah perusahaan komersial, namun dampak dari pemasaran ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, ada added value dari marketing yang dilakukan, baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk masyarakat. It is about "the value of marketing for business and society".
Sebuah perusahaan minyak terbesar ke-4 di Korea Selatan, S-Oil, melihat sebuah permasalahan masyarakat dalam mencari tempat parkir. Korea Selatan, sebagai negara pembeli minyak, harus menghemat konsumsi BBM baik untuk mengurangi biaya impor minyak dan juga untuk membuat lingkungan lebih bersih dari polusi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Caranya adalah dengan membuat balon "HERE".
Dari hitungan sederhana perihal mencari parkir, sebuah mobil dapat menempuh kurang lebih 500 meter untuk berputar-putar mencari tempat parkir kosong. Apabila setiap hari ada 1 mobil yang menempuh 500 meter di area parkir untuk mencari tempat kosong, maka dalam 1 bulan dapat diperkirakan ada pengeluaran sebesar 1 liter BBM yang terbuang hanya untuk perihal mencari tempat parkir kosong. (500 m * 30 hari = 15.000 m = 15 km. Asumsi : 1 liter digunakan untuk jarak tempuh 15 km).
Alhasil :
Dengan metode balon yang ditempatkan di setiap slot parkir, seseorang yang hendak mencari tempat parkir dapat segera menemukan tempat kosong. Balon akan mengudara pada saat area tersebut kosong. Balon akan turun pada saat sebuah mobil menempati area kosong tersebut.
Dengan metode ini, dalam 1 hari ada ada 700 mobil yang merasakan manfaatnya dan diperkirakan bisa menghemat 23 liter sehari. Bisa dibayangkan, berapa liter yang dapat dihemat dalam 1 tahun. Selain itu, para pengguna mobil juga bisa lebih cepat mencari tempat parkir tanpa harus stress berputar-putar.
No comments:
Post a Comment