Ilmuwan ataupun para peneliti perlu berpikir ekstra cerdas dan kreatif untuk memanfaatkan poster atau selebaran yang dibagikan. Salah satu cara yang diambil oleh para engineering di Korea adalah menciptakan teknologi "wifi poster". Dengan adanya wifi poster, setiap poster yang dilihat oleh orang yang lewat dapat "memancarkan" informasi ke smartphone yang digunakan. Apabila orang tersebut menghendaki untuk mengakses "pancaran" informasi tersebut, maka orang tersebut akan diajak untuk masuk dalam sebuah aplikasi yang menunjukkan review isi poster tersebut. Bukan hanya itu saja, tetapi aplikasi tersebut akan diintegrasikan dengan entitas bisnis yang lainnya. Sebagai contoh, poster film yang dipasang di Korea berkolaborasi dengan entitas bisnis seperti bioskop, toko DVD dan toko merchandise yang berhubungan dengan film tersebut.
Alhasil?
Sistem "wifi poster" yang dipasang beberapa spot populer di Seoul membuahkan hasil seperti:
- 60% tiket bioskop terjual di awal
- Website official dari film yang dipasang meningkat 28.5 %
- Film yang dipasang menjadi memiliki viewer 1 juta pengunjung di trailer yang dipasang di youtube dalam 3 hari dan 2 juta pengunjung dalam 5 hari.
- Menjadi film box office dalam 2 minggu.
Apa yang terlihat "statis" (dalam bentuk poster) telah berubah menjadi "dinamis (dalam bentuk review HDTV trailer di youtube dan terintegrasi dengan bioskop dan entitas bisnis lainnya).
No comments:
Post a Comment