Saturday, July 13, 2013

Mengubah pemandangan "statis" menjadi "dinamis"

Seringkali, orang mengatakan bahwa media promosi yang paling murah dan dianggap "efektif" adalah dengan membuat poster atau selebaran. Poster dapat ditempel di tempat yang strategis agar orang dapat melihat serta memperhatikannya sedangkan selebaran dapat dibagi-bagikan kepada setiap orang yang menjadi target pasar promosi tersebut. Namun, saat ini fokus pandangan setiap orang bukan ke arah poster yang ditempel di tempat strategis atau selebaran yang dibagikan. Semua orang sudah memiliki teknologi smartphone, sehingga ketika mereka berjalan pun, mereka tidak akan memperhatikan lingkungan sekitar dan hanya memperhatikan smartphone mereka. Apabila mereka tertarik pada poster atau selebaran yang dilihatnya, mereka akan cenderung untuk melihat saja tanpa menindak-lanjuti hasil yang mereka lihat. Terkadang, ada beberapa orang yang ingat untuk me-review apa yang telah dilihat (dari poster) dan apa yang telah diterima (dari selebaran). Tetapi, sepertinya banyak orang lupa dan tidak ambil pusing dengan ketertarikan sementara tersebut. Media promosi paling murah dan dianggap "efektif" tersebut sudah mulai terabaikan oleh smartphone. Jadi? Apa yang harus dilakukan.

Ilmuwan ataupun para peneliti perlu berpikir ekstra cerdas dan kreatif untuk memanfaatkan poster atau selebaran yang dibagikan. Salah satu cara yang diambil oleh para engineering di Korea adalah menciptakan teknologi "wifi poster". Dengan adanya wifi poster, setiap poster yang dilihat oleh orang yang lewat dapat "memancarkan" informasi ke smartphone yang digunakan. Apabila orang tersebut menghendaki untuk mengakses "pancaran" informasi tersebut, maka orang tersebut akan diajak untuk masuk dalam sebuah aplikasi yang menunjukkan review isi poster tersebut. Bukan hanya itu saja, tetapi aplikasi tersebut akan diintegrasikan dengan entitas bisnis yang lainnya. Sebagai contoh, poster film yang dipasang di Korea berkolaborasi dengan entitas bisnis seperti bioskop, toko DVD dan toko merchandise yang berhubungan dengan film tersebut.

Alhasil?

http://www.youtube.com/watch?v=YyLUCHe8Nuk

Sistem "wifi poster" yang dipasang beberapa spot populer di Seoul membuahkan hasil seperti:

- 60% tiket bioskop terjual di awal
- Website official dari film yang dipasang meningkat 28.5 %
- Film yang dipasang menjadi memiliki viewer 1 juta pengunjung di trailer yang dipasang di youtube dalam 3 hari dan 2 juta pengunjung dalam 5 hari.
- Menjadi film box office dalam 2 minggu.

Apa yang terlihat "statis" (dalam bentuk poster) telah berubah menjadi "dinamis (dalam bentuk review HDTV trailer di youtube dan terintegrasi dengan bioskop dan entitas bisnis lainnya).

No comments:

Post a Comment